Langsung ke konten utama

Kisah Yuri Gagarin, Orang Pertama di Luar Angkasa

Di zaman sekarang, kita bisa menikmati luar angkasa melalui beberapa foto dan video yang beredar luas. Hal itu selain bisa dinikmati, bisa juga sebagai bahan belajar yang menarik untuk dibahas.

Lalu, pernahkah kalian berpikir tentang siapakah orang yang pertama kali berada di luar angkasa? Orang tersebut adalah kosmonot Soviet Yuri Alekseyevich Gagarin yang berada di atas pesawat ruang angkasa Vostok 1 pada tanggal 12 april 1961.

Gargarin menjadi orang yang pertama mengorbit planet ini dengan pilot uji dan teknisi industri berusia 27 tahun. Pada 60 tahun lalu, misi bersejarah itu berlangsung selama 1 jam 48 menit. Vostok 1 mengorbit bumi pada ketinggian 187 mil dan dipandu dengan sistem kontrol otomatis.

Bagi para propogandis Soviet, ruang angkasa yang telah ditaklukkan merupakan bukti supremasi komunisme atas adanya kapitalisme.

Pemimpin Uni Soviet pada saat itu tau bahwa misi perdana yang telah ia lakukan berhasil dan menjadi manusia pertama dengan wajah yang dikenal oleh dunia. Kosmonot pertama akan menjadi bahan senjata kekuatan lunak.

Pihak Soviet tetap diam akan misi Gargarom sampa ia selamat sampai ke bumi waktu itu. Setelah dari itu, maka berita tersebut disiarkan sejauh-jauhnya melalui kantor berita negara. Hal tersebut mengejutkan semua orang, termasuk AS yang pada saat itu ingin mengalahkan Rusia dalam aspek penebangan berawak pertama.

Kosmonot pertama di perkenalkan oleh Uni Soviet langsung setelah 2 hari kembali ke bumi. Setelah berakhirnya perang Eropa, 16 tahun sebelumnya, kembalinya Gargarin menjadi perayaan terbesar yang yang pernah ada.

Pesona yang ditampilkan oleh kosmonot tersebut direspon baik oleh setiap kalangan pada saat itu, bahkan ia diundang untuk mengunjungi seluruh dunia pada saat itu.

Latar belakang Gargarin menjadi dikenal oleh banyak orang. Ia lahir dari keluarga petani di sebuah desa kecil dekat kota Smolensk Rusia Barat, dan menjadi anugerah bagi industri propaganda Soviet.

Awalnya ia merupakan seorang pilot pesawat tempur angkatan udara Uni Soviet pada tahun 1955. Ia mengikutin pelatihan untuk menjadi kosmonot dan terpilih bersama 18 kandidat lainnya. hingga 1960, ia terpilih dan menjadi kosmonot, serta menjalani program yang luar angkasa Vostok 1 pada 12 April 1961.

Saat itu ia menjadi perbincangan orang-orang karena melepas sepatunya sebelum memasuki Vostok. Padahal, itu merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Uni Soviet.

Penerbangan selama 108 menit tersebut diselesaikan dengan baik dan selamat. Ia bahkan sempat melihat pesawatnya melewati lautan atlantik dan pasifik.

Beberapa kendala yang tak diharapkan terjadi seperti saat Vostok memasuki orbit pada ketinggian yang lebih tinggi. Ia dibelaki makanan, air dan oksigen untuk waktu sekitar sepuluh hari. Namun, jikalau ketinggian orbit, maka ia akan mamakan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan.

Pada saat itu juga, ia dikira seorang mta-mata. Gargarin balik ke bumi dengan titik yang tidak sesuai dengan rencana, yaitu di daerah Saratov, Rusia Selatan di sebuah ladang kentang.

Tampilan yang ia kenakan seperti helm putih dan baju antariksa berwarna oranye, membuatnya disangka sebagai mata-mata asing.

Tapi taukah kalian, orang yang berada di balik Yuri Gargarin adalah Sergi Korolyov adalah sosok yang merancang pesawat luar angkasa yang digunakan. Awalnya, Soviet menolak hadian Nobel yang diberikan untuk Korolyov dan memilih untuk merahasiakan identitasnya.

Namun setelah kematiannya pada tahun 1966, Soviet akhirnya memilih membuka suara untuk memberitahu identitas Korolyov.

Sekian penjelasan kisah Yuri Gagarin, orang pertama di luar angkasa. Kamu juga dapat mengetahui lagu chord pingal, semoga ulasan kali ini menambah pengetahuan kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Mengetahui Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi merupakan salah satu keajaiban alam yang kerap membuat takjub manusia ketika melihatnya. Pemandangan indah ini sering terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun, menciptakan panorama yang memikat. Mari kita telusuri bersama bagaimana proses terjadinya pelangi. Syarat Terjadinya Pelangi Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar pelangi dapat terbentuk: Matahari harus berada di bagian atas garis horizon tanpa terhalang oleh objek apapun. Matahari harus berada pada sudut 42 derajat untuk memungkinkan terjadinya pelangi. Pelangi muncul berlawanan dengan matahari, sehingga matahari harus berada di belakang pengamat. Langit yang berlawanan harus mengandung butiran air. Proses Terjadinya Pelangi Pelangi terjadi melalui tiga proses utama: 1. Refleksi Proses terjadinya pelangi dimulai dari butiran air di udara bertindak seperti cermin, memantulkan cahaya matahari, yang disebut refleksi. Proses ini terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun karena sisa air di udara meman

7 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh!

Sinar matahari pagi tak hanya memberikan kehangatan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Paparan sinar matahari di pagi hari diketahui dapat meningkatkan produksi vitamin D, suatu zat yang esensial dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Untuk memanfaatkan manfaat sinar matahari pagi dengan optimal, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat. Berjemur di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 pagi. Hindari paparan sinar matahari di rentang waktu antara jam 10 pagi hingga jam 5 sore, di mana indeks sinar UV mencapai tingkat yang sangat tinggi dan ekstrem. Durasi berjemur yang direkomendasikan agar tubuh mendapatkan manfaat sinar matahari pagi dengan baik adalah selama 10–15 menit. Namun, perlu diingat untuk tetap melindungi kulit dengan tabir surya guna menghindari dampak buruk dari paparan sinar UV. Berikut adalah beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh: 1. Men

Manfaat Hidup Sehat: Kunci Kesejahteraan dan Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Hidup sehat bukan sekadar tren, melainkan investasi berharga untuk kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat pola hidup sehat serta langkah-langkah praktis untuk mencapainya. Manfaat Hidup Sehat yang Luar Biasa Kesehatan Fisik yang Optimal: Hidup sehat berkontribusi pada kesehatan fisik yang optimal. Dengan menjaga pola makan seimbang, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup, tubuh dapat berfungsi dengan baik dan mencegah berbagai penyakit. Peningkatan Energi dan Produktivitas: Gaya hidup sehat dapat meningkatkan tingkat energi dan produktivitas sehari-hari. Nutrisi yang cukup dan olahraga teratur membantu meningkatkan stamina, memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien. Pertahanan Tubuh yang Kuat: Sistem kekebalan tubuh yang baik adalah salah satu hasil dari hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi tinggi, istirahat yang cukup, dan manajemen stres dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infek