Langsung ke konten utama

Daftar Planet di Tata Surya yang Diurutkan dari Matahari

Daftar Planet di Tata Surya yang Diurutkan dari Matahari
Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang dan objek yang dihubungkan oleh gravitasi. Terbagi atas delapan planet, 146 bulan ayat seribu dinar, sekelompok komet, asteroid dan batu ruang angkasa, es dan beberapa planet kerdil, seperti Pluto.

Planet, asteroid dan komet mengorbit matahari. Mereka mengelilingi matahari dalam lingkaran datar yang disebut elips. Sementara itu, orbit planet. Saat ini, Jupiter memiliki bulan yang diberi nama -50.

Merkurius dan Venus tidak memiliki bulan, sedangkan bumi memilikinya. Ini adalah objek paling terang dari langit malam. Matahari adalah objek paling terang di siang hari dan menerangi bulan, planet, komet dan asteroid.

Berikut adalah daftar nama-nama planet diurutkan dari yang terdekat dengan Matahari

1. Merkurius

Nama planet di tata surya yang diurutkan dekat dengan matahari adalah Merkurius.

Planet ini merupakan yang terdekat dengan Matahari. Jaraknya dengan Matahari sekitar 57,9 juta km.

Karena dekat matahari, suhu planet ini sangat panas, mencapai 439oC. Suhu yang buruk dan gravitasi yang lemah membuat udara di permukaan menguap dan mengakibatkan kelelahan lapisan atmosfer planet ini.

2. Venus

Venus menjadi urutan berikutnya dari nama planet ini setelah Merkurius. Jarak Venus del Sol tidak sedekat merkuri. Jarak dari planet ini adalah sekitar 108,9 juta km dengan revolusi 225 hari dan rotasi 243 hari.

Keunikan lain dari planet ini adalah dalam gerakan rotasi. Venus memiliki gerakan rotasi yang bertentangan dengan sirkulasi planet ini ketika di seluruh bumi.

Venus tidak memiliki cincin, tidak memiliki bulan, dan permukaannya memiliki titik leleh mencapai 480 derajat celcius.

3. Bumi

Bumi adalah planet terdekat ketiga dengan matahari tetapi tidak sepanas Venus. Bumi juga menjadi satu-satunya planet di tata surya yang ditinggali makhluk hidup.

Jarak dari Bumi ke Matahari adalah sekitar 149,7 juta km dengan diameter 12.756 km. Waktu Revolusi Bumi selama 36500 hari dengan periode rotasi 24 jam.

4. Mars

Planet Mars atau juga dikenal sebagai Planet Merah berada di posisi keempat dalam tata surya. Penyebutan planet ini merah karena permukaan Mars berwarna merah.

Mars memiliki jarak rata -rata 228 juta km dengan diameter 6.794 km. Waktu revolusi adalah sekitar 1,9 tahun dengan periode rotasi 24,6 jam.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dan terhebat dari tata surya, jadi dia disebut raja planet. Jupiter memiliki diameter 142.984 km ketika diukur di Ekuador. Planet ini lebih besar dari bumi sekitar 1.300 kali dalam hal area dan punya massa dua kali lipat dari planet lain di tata surya.

Suhu permukaan atmosfernya sangat rendah, tetapi di dalamnya cukup tinggi, dengan suhu rata -rata 125 0C.

Planet ini berjarak 772.800.000 km dari matahari. Suasana di sekitar Jupiter ditandai oleh badai sinar besar yang lebih kuat dari yang kita alami di bumi ini.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar keenam dan kedua setelah Jupiter. Matahari berjarak 1.417.600.000 km dari Saturnus. Ini sebenarnya bola gas besar dengan diameter 120.000 km.

Ukuran Saturnus 760 kali lebih besar dari planet Bumi. Saturnus membutuhkan 29 tahun dan 5 bulan untuk mengelilingi matahari sekali, tetapi berputar pada porosnya sendiri dalam 10 jam 40 menit.

Ada ribuan cincin dengan warna berbeda yang mengelilingi Saturnus. Dia memiliki 22 satelit alami di luar cincinnya dengan Titan, Hua, Dion, Capitus dan Tethris sebagai cincin utama. Permukaan Saturnus tetap tertutup es. Atmosfer mengandung hidrogen, campuran helium, metana dan gas amonia.

7. Uranus

Uranus adalah planet ketujuh di tata surya. Planet ini memiliki jarak dari matahari sekitar 2.875 jam dengan waktu 84 tahun revolusi. Diameter planet ini adalah sekitar 51.180 km dan dapat berputar selama 17,3 jam.

Mirip dengan Venus, planet ini juga memiliki rotasi yang bertentangan dengan arah distribusi planet ketika matahari mengelilingi.

Uranus memiliki nama planet terdingin di tata surya. Karena suhu permukaan mencapai -224oC.

Di permukaan planet yang banyak es, jadi tidak mengherankan juga menyebut Uranus sebagai "raksasa es."

8. Neptunus

Neptunus adalah planet terjauh yang diurutkan dari Matahari. Planet ini mengandung air, amonia, metana, hidrogen, dan helium. Planet ini memiliki lebih dari selusin bulan dan enam cincin.

Planet Neptunus memiliki ukuran yang hampir sama dengan Uranus, yaitu sekitar 50.135 km. Hanya jarak ke matahari. Jarak rata -rata ke matahari adalah sekitar 4.497 juta km dengan revolusi 165 tahun. Adapun periode rotasi selama 16 jam.

Nah, itulah 8 daftar planet di tata surya yang diurutkan dari Matahari. Planet-planet tersebur memiliki tampilan yang luar biasa memukau lho teman-teman. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Mengetahui Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi merupakan salah satu keajaiban alam yang kerap membuat takjub manusia ketika melihatnya. Pemandangan indah ini sering terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun, menciptakan panorama yang memikat. Mari kita telusuri bersama bagaimana proses terjadinya pelangi. Syarat Terjadinya Pelangi Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar pelangi dapat terbentuk: Matahari harus berada di bagian atas garis horizon tanpa terhalang oleh objek apapun. Matahari harus berada pada sudut 42 derajat untuk memungkinkan terjadinya pelangi. Pelangi muncul berlawanan dengan matahari, sehingga matahari harus berada di belakang pengamat. Langit yang berlawanan harus mengandung butiran air. Proses Terjadinya Pelangi Pelangi terjadi melalui tiga proses utama: 1. Refleksi Proses terjadinya pelangi dimulai dari butiran air di udara bertindak seperti cermin, memantulkan cahaya matahari, yang disebut refleksi. Proses ini terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun karena sisa air di udara meman

7 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh!

Sinar matahari pagi tak hanya memberikan kehangatan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Paparan sinar matahari di pagi hari diketahui dapat meningkatkan produksi vitamin D, suatu zat yang esensial dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Untuk memanfaatkan manfaat sinar matahari pagi dengan optimal, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat. Berjemur di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 pagi. Hindari paparan sinar matahari di rentang waktu antara jam 10 pagi hingga jam 5 sore, di mana indeks sinar UV mencapai tingkat yang sangat tinggi dan ekstrem. Durasi berjemur yang direkomendasikan agar tubuh mendapatkan manfaat sinar matahari pagi dengan baik adalah selama 10–15 menit. Namun, perlu diingat untuk tetap melindungi kulit dengan tabir surya guna menghindari dampak buruk dari paparan sinar UV. Berikut adalah beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh: 1. Men

Manfaat Hidup Sehat: Kunci Kesejahteraan dan Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Hidup sehat bukan sekadar tren, melainkan investasi berharga untuk kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat pola hidup sehat serta langkah-langkah praktis untuk mencapainya. Manfaat Hidup Sehat yang Luar Biasa Kesehatan Fisik yang Optimal: Hidup sehat berkontribusi pada kesehatan fisik yang optimal. Dengan menjaga pola makan seimbang, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup, tubuh dapat berfungsi dengan baik dan mencegah berbagai penyakit. Peningkatan Energi dan Produktivitas: Gaya hidup sehat dapat meningkatkan tingkat energi dan produktivitas sehari-hari. Nutrisi yang cukup dan olahraga teratur membantu meningkatkan stamina, memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien. Pertahanan Tubuh yang Kuat: Sistem kekebalan tubuh yang baik adalah salah satu hasil dari hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi tinggi, istirahat yang cukup, dan manajemen stres dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infek