Langsung ke konten utama

7 Daftar Bandar Udara Terbesar di Indonesia


Bandar Udara atau yang biasa disingkat dengan Bandara adalah sebuah fasilitas dimana moda transportasi udara, seperti pesawat dan helikopter melakukan lepas landas dan mendarat.


Di Indonesia sendiri, Bandara sudah dapat ditemui disemua provinsi yang ada. Namun tahukah kamu, Bandar Udara apa yang pertama kali dibangun di tanah air?


Bandar Udara Internasional Kemayoran merupakan Bandar udara pertama di Indonesia berdasarkan istidraj adalah dan dibuka untuk penerbangan internasional . Landasannya sendiri dibangun pada tahun 1934, yang secara resmi dibuka pada tanggal 8 Juli 1940.


Akan tetapi, Bandar Udara Internasional Kemayoran ini dihentikan operasionalnya di tanggal 31 Marer 1985. Kemudian semua aktivitas di Bandara tersebut dipindah ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.


Hingga saat ini, Bandar udara Internasional Soekarno-Hatta masih tetap beroperasi. Dan untuk Indonesia, kini telah memiliki lebih dari 10 maskapai yang aktif. Berikut daftar maskapai di Indonesia.


Niaga Berjadwal

Adam Air (Tidak Beroperasi)

Aviastar

Batavia Air (Tidak Beroperasi)

Batik Air

Bouraq Indonesia Airlines (Tidak Beroperasi)

Citilink

Garuda Indonesia

Indonesia AirAsia

Indonesia AirAsia X (Tidak Beroperasi)

Indonesia Metro Aviation

Kalstar Aviation (Tidak Beroperasi)

Kartika Airlines (Tidak Beroperasi)

Lion Air

Mandala Tigerair (Tidak Beroperasi)

Merpati Nusantara Airlines (Tidak Beroperasi)

NAM Air

Sky Aviation (Tidak Beroperasi)

Sriwijaya Air

Star Air (Tidak Beroperasi)

Super Air Jet

Susi Air

TransNusa

Wings Air

Xpress Air


AOC 135 (Pesawat Kapasitas di Bawah 30 Tempat Duduk)

Airfast Indonesia

Asco Nusa Air

Asi Pudjiastuti

Aviastar Mandiri

Balai Kalibrasi

Dabi Air Nusantara

Deraya Air Taxi

Derazone Air Service

Dirgantara Air Service

Eastindo

Ekspres Transportasi Antarbenua

Gatari Air Service

Intan Angkasa Air Service

Jhonlin Air Transport

Kura-kura Aviation

Mimika Air

National Utility Helicopter

Nusantara Buana Air

Nyaman Air

Pelita Air Service

Penerbangan Angkasa Semesta

Pura Wisata Baruna

Sabang Merauke Raya Air Charter

Sampoerna Air Nusantara

Sayap Garuda Indah

Sky Aviation

TransNusa Air Services

Transwisata Prima Aviation

Travira Air


Bandar Udara Terbesar di Indonesia

Selain maskapai, pastinya armada udara itu harus memiliki stasiunnya yang disebut Bandar Udara. Berikut 7 daftar bandar udara terbesar di tanah air.


1. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Lokasi: Banten

Kota yang Dilayani: Jakarta

Luas: 2137,82 Hektar


2. Bandar Udara Internasional Kertajati

Lokasi: Jawa Barat

Kota yang Dilayani: Ciayumajakuning

Luas: 1800 Hektar


3. Bandar Udara Internasional Hang Nadim

Lokasi: Kepulauan Riau

Kota yang Dilayani: Batam

Luas: 1760 Hektar


4. Bandar Udara Internasional Kualanamu

Lokasi: Sumatera Utara

Kota yang Dilayani: Medan

Luas: 1365 Hektar


5. Bandar Udara Internasional Juanda

Lokasi: Jawa Timur

Kota yang Dilayani: Surabaya

Luas: 477 Hektar


6. Bandar Udara Internasional Minangkabau

Lokasi: Sumatera Barat

Kota yang Dilayani: Kota Padang, Padang Pariaman

Luas: 427Hektar


7. Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin

Lokasi: Sulawesi Selatan

Kota yang Dilayani: Makassar

Luas: 381 Hektar


Itulah daftar badar udara terbesar yang ada di tanah air. Apakah salah satunya ada di kotamu? Tulis dikolom komentar yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Mengetahui Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi merupakan salah satu keajaiban alam yang kerap membuat takjub manusia ketika melihatnya. Pemandangan indah ini sering terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun, menciptakan panorama yang memikat. Mari kita telusuri bersama bagaimana proses terjadinya pelangi. Syarat Terjadinya Pelangi Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar pelangi dapat terbentuk: Matahari harus berada di bagian atas garis horizon tanpa terhalang oleh objek apapun. Matahari harus berada pada sudut 42 derajat untuk memungkinkan terjadinya pelangi. Pelangi muncul berlawanan dengan matahari, sehingga matahari harus berada di belakang pengamat. Langit yang berlawanan harus mengandung butiran air. Proses Terjadinya Pelangi Pelangi terjadi melalui tiga proses utama: 1. Refleksi Proses terjadinya pelangi dimulai dari butiran air di udara bertindak seperti cermin, memantulkan cahaya matahari, yang disebut refleksi. Proses ini terjadi setelah hujan atau di wilayah air terjun karena sisa air di udara meman

7 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh!

Sinar matahari pagi tak hanya memberikan kehangatan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Paparan sinar matahari di pagi hari diketahui dapat meningkatkan produksi vitamin D, suatu zat yang esensial dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Untuk memanfaatkan manfaat sinar matahari pagi dengan optimal, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat. Berjemur di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 pagi. Hindari paparan sinar matahari di rentang waktu antara jam 10 pagi hingga jam 5 sore, di mana indeks sinar UV mencapai tingkat yang sangat tinggi dan ekstrem. Durasi berjemur yang direkomendasikan agar tubuh mendapatkan manfaat sinar matahari pagi dengan baik adalah selama 10–15 menit. Namun, perlu diingat untuk tetap melindungi kulit dengan tabir surya guna menghindari dampak buruk dari paparan sinar UV. Berikut adalah beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh: 1. Men

Manfaat Hidup Sehat: Kunci Kesejahteraan dan Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Hidup sehat bukan sekadar tren, melainkan investasi berharga untuk kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat pola hidup sehat serta langkah-langkah praktis untuk mencapainya. Manfaat Hidup Sehat yang Luar Biasa Kesehatan Fisik yang Optimal: Hidup sehat berkontribusi pada kesehatan fisik yang optimal. Dengan menjaga pola makan seimbang, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup, tubuh dapat berfungsi dengan baik dan mencegah berbagai penyakit. Peningkatan Energi dan Produktivitas: Gaya hidup sehat dapat meningkatkan tingkat energi dan produktivitas sehari-hari. Nutrisi yang cukup dan olahraga teratur membantu meningkatkan stamina, memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien. Pertahanan Tubuh yang Kuat: Sistem kekebalan tubuh yang baik adalah salah satu hasil dari hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi tinggi, istirahat yang cukup, dan manajemen stres dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infek